Untuk memperbesar gambar, silahkan klik gambar yang dimaksud
- Password untuk login ke ASISTEN apa ya ?
- Apakah user/operator yang akan menggunakan ASISTEN dapat ditambahkan dan diatur hak aksesnya ?
- Saya membeli Asisten bajakan/crack/keygen/patch, ternyata ada masalah. Apakah saya dapat membeli Asisten yang asli dengan potongan harga karena saya sudah membeli sebelumnya yang bajakan.
- Apa perbedaan Asisten versi Gratis dan Versi Berbayar ?
- Mengapa nilai rupiah yang tampil di laporan/kwitansi saya angka nolnya hilang 3 digit, seharusnya 50.000 menjadi 50 ?
- Saya menggunakan Asisten versi lama, bagaimana cara upgrade ke versi yang lebih baru ?
- Bagaimana cara setting agar ASISTEN dapat digunakan lebih dari satu komputer dalam jaringan ?
- Apakah software ASISTEN dapat menangani pembayaran angsuran ?
- Kalau dilihat pada ASISTEN hanya miliki 2 tipe pembayaran yaitu Bebas dan Bulanan, bagaimana mengatur tipe pembayaran untuk angsuran ?
- Saya melakukan mutasi siswa, mengapa tunggakan untuk siswa tersebut masih ada ya ?
Password awalnya adalah BRAJA , untuk selanjutnya dapat diubah sendiri.
Ya, pada awalnya setelah instalasi ASISTEN hanya memiliki user ADMIN, untuk selanjutnya dapat di tambahkan sendiri user/operator yang dapat menggunakan ASISTEN serta dapat diatur hak akses untuk masing-masing user/operator yang kita tambahkan.
Mohon maaf untuk kasus ini saya tidak bisa membantu, harga Asisten tetap sesuai dengan yang tertera pada penawaran.
Dari segi fitur antara versi gratis dan berbayar saat ini masih disamakan. Asisten versi Gratis ditujukan untuk sekolah kecil, Asisten versi gratis memiliki limitasi kuota tabel transaksi kurang lebih 8 MB. Sedangkan Asisten Versi Berbayar tidak ada limitasi kuota transaksi.
Setiap pembelian versi berbayar akan dikirimkan kwitansi pembelian bermaterai beserta CD Installer Asisten ke alamat sekolah.
Pembeli Asisten versi berbayar akan mendapatkan akun yang dapat didaftarkan sendiri, dengan namanya sendiri di www.brajasoft.com yang akan diaktifkan sebagai pembeli sehingga dapat mengakses member area atau menu khusus pembeli dimana didalamnya terdapat file-file Asisten versi berbayar versi terbaru yang dapat didownload oleh khusus pembeli saja.
Kedepannya pembeli asisten akan diberikan akses ke forum asisten, agar bisa bertanya dan memberikan masukan-masukan.
Yang membuat Software Asisten adalah saya Sonny Elias, jika anda sudah berhubungan dengan saya via kontak yang ada pada blog ini atau pada www.brajasoft.com maka anda sudah benar dan pasti mendapatkan versi asli dan selalu mendapatkan versi terbaru jika ada update
Setiap pembelian versi berbayar akan dikirimkan kwitansi pembelian bermaterai beserta CD Installer Asisten ke alamat sekolah.
Pembeli Asisten versi berbayar akan mendapatkan akun yang dapat didaftarkan sendiri, dengan namanya sendiri di www.brajasoft.com yang akan diaktifkan sebagai pembeli sehingga dapat mengakses member area atau menu khusus pembeli dimana didalamnya terdapat file-file Asisten versi berbayar versi terbaru yang dapat didownload oleh khusus pembeli saja.
Kedepannya pembeli asisten akan diberikan akses ke forum asisten, agar bisa bertanya dan memberikan masukan-masukan.
Yang membuat Software Asisten adalah saya Sonny Elias, jika anda sudah berhubungan dengan saya via kontak yang ada pada blog ini atau pada www.brajasoft.com maka anda sudah benar dan pasti mendapatkan versi asli dan selalu mendapatkan versi terbaru jika ada update
Hal ini dikarenakan komputer anda pernah terkena virus sehingga format currencynya terubah oleh virus atau oleh anti virus. Solusinya adalah ubah regional seting yang ada pada control panel windows anda ke regional lain lalu apply, kemudian kembalikan lagi ke regional setting yang anda inginkan.
- Download Asisten versi terakhir/terbaru
- Uninstall Asisten Keuangan Sekolah yang terinstal di komputer. Untuk Braja Database Server tidak perlu diuninstall. (Pada saat uninstall Asisten, pastikan software Asisten tidak sedang berjalan/terbuka)
- Install Asisten versi terbaru yang baru saja didownload
- Uninstall Asisten Keuangan Sekolah yang terinstal di komputer. Untuk Braja Database Server tidak perlu diuninstall. (Pada saat uninstall Asisten, pastikan software Asisten tidak sedang berjalan/terbuka)
- Install Asisten versi terbaru yang baru saja didownload
Sebagai contoh, pada suatu sekolah ASISTEN akan diinstall pada 4 komputer, 2 komputer Operator, 1 komputer kepala TU, 1 komputer Kepala Sekolah. keempat komputer tersebut terhubung dalam jaringan(LAN). Pada contoh ini saya umpamakan komputer operator ke-1 sebagai server sekaligus digunakan juga untuk transaksi, maka pada komputer ke-1 harus diinstall Braja Database Server dan Asisten Keuangan Sekolah, untuk komputer lainnya cukup diinstall Asisten Keuangan Sekolah saja.
Pada komputer ke-1(yang dianggap sebagai server) maka settingannya sebagai berikut :
Pada komputer lainnya(yang dianggap sebagai client) maka settingannya sebagai berikut :
Tampilan diatas dapat dilihat di Asisten yang sudah bisa berjalan, yaitu pada menu SISTEM, Koneksi Database.
Kesimpulannya, pada komputer client settingannya pilih yang Jaringan lalu masukan IP / nama komputer yang dianggap server sedangkan pada komputer yang dianggap server pilih Lokal, untuk settingan file database baik di komputer server maupun client sama, bisa dilihat di menu SISTEM, Koneksi Database.
Pada komputer ke-1(yang dianggap sebagai server) maka settingannya sebagai berikut :
Pada komputer lainnya(yang dianggap sebagai client) maka settingannya sebagai berikut :
Tampilan diatas dapat dilihat di Asisten yang sudah bisa berjalan, yaitu pada menu SISTEM, Koneksi Database.
Kesimpulannya, pada komputer client settingannya pilih yang Jaringan lalu masukan IP / nama komputer yang dianggap server sedangkan pada komputer yang dianggap server pilih Lokal, untuk settingan file database baik di komputer server maupun client sama, bisa dilihat di menu SISTEM, Koneksi Database.
Ya, pada ASISTEN masalah pembayaran angsuran sangat mudah, uang SPP yang sifatnya rutin bulanan saja dapat diangsur apalagi hanya uang pangkal/gedung yang tarifnya hanya dikenakan sekali pada siswa.
Pada ASISTEN memang hanya memiliki 2 tipe jenis pembayaran, kedua tipe tersebut bisa digunakan untuk angsuran. pada umumnya Uang Gedung atau sejenisnya bisa diangsur pembayarannya, tetapi bisa saja di suatu sekolah SPP yang umumnya bulanan juga dapat diangsur.
Contoh 1 :
Contoh 2 :
Sekolah membebankan pembayaran Uang Gedung/Uang Pangkal tahun 2012/2013 sebesar Rp. 5.000.000 yang dapat diangsur oleh siswa. Untuk itu kita membuat jenis pembayaran Uang Gedung Tahun 2012/2013 sebagai tipe pembayaran Bebas, artinya tarif 5.000.000 tersebut tidak dikenakan setiap bulan tetapi Bebas, umumnya Uang Gedung dikenakan sekali selama sekolah. Misalnya siswa akan membayar Uang Gedung diangsur Rp. 600.000 dulu, perhatikan gambar berikut :
Contoh 1 :
Pembayaran SPP sebagai tipe Bulanan yang tarifnya Rp. 300.000 per bulan untuk suatu kelas/rombel, saat transaksi siswa ingin membayar SPP Rp. 500.000 dengan maksud untuk bulan Juli Rp. 300.000 dan bulan Agustusnya bayar Rp. 200.000 dulu, artinya SPP bulan Juli lunas, sedangkan SPP bulan Agustus diangsur Rp. 200.000 dulu. untuk penyelesaian kasus ini sangat mudah, perhatikan gambar berikut :
Contoh 2 :
Sekolah membebankan pembayaran Uang Gedung/Uang Pangkal tahun 2012/2013 sebesar Rp. 5.000.000 yang dapat diangsur oleh siswa. Untuk itu kita membuat jenis pembayaran Uang Gedung Tahun 2012/2013 sebagai tipe pembayaran Bebas, artinya tarif 5.000.000 tersebut tidak dikenakan setiap bulan tetapi Bebas, umumnya Uang Gedung dikenakan sekali selama sekolah. Misalnya siswa akan membayar Uang Gedung diangsur Rp. 600.000 dulu, perhatikan gambar berikut :
Untuk mutasi siswa memang Asisten tidak otomatis menghilangkan tunggakannya, karena bisa saja memang siswa yang mutasi tersebut benar-benar menunggak. Untuk itu silahkan lakukan perubahan tarif pembayaran untuk siswa tersebut ke 0 (nol) pada bulan atau periode yang seharusnya sudah tidak dibebankan tarif tersebut, sehingga siswa tersebut tidak berkewajiban lagi atas pembayaran tersebut karena tarifnya 0 (nol) dan tidak akan dianggap menunggak karena memang tarifnya 0 (nol)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar